Senin, 18 Mei 2015

Perawatan PC (Personal Computer)

Melakukan Perawatan PC (Personal Computer) 
Dan Peripheral
A. Casing
Perawatan casing dilakukan untuk membersihkan casing dari kotoran dan debu. Gunakan kain untuk membersihkan debu yang tebal menempel pada casing. Setelah itu bersikan dengan cairan pembersih (jika punya).
Untuk mebersihkan bagian yang sulit seperti lubang ventilasi, gunakan kuas atau vaccum cleaner mini (jika anda punya).
B. Power Supply
Perawatan pada power supply dilakukan untuk memperpanjang usia power supply.
1. Membersihkan debu atau kotoran yang ada dalam power supply dan casing power supply tersebut.
Kotoran di dalam power supply dan casing terkadang menyebabkan kipas macet. Bersihkan power supply dengan menggunakan kuas, terutama pada bagian ventilasi power supply. Bukan casing power supply dan bersihkan bagian dalam power supply dengan menggunakan kuas.
2. Jangan meletakan casing dekat ventilasi udara.
Sirkulasi udara di dalam ruangan yang masuk melalui ventilasi udara lembab, halini mengakibatkan suhu dalam casing menjadi lembab dang mengakibatkan kaki – kaki komponen menjadi berkarat.
3. Tambahkan kipas di dalam casing.
Penambahan kipas dalam casing akan mempercepat sirkulasi udara didalam casing sehingga computer tidak cepat panas dan komponen hardware didalamnya dapat bekerja dengan baik.
4. Gunakan stabilizer atau UPS yang baik.
Stabilizwer berfungsi menjaga kestabilan tegangan. Jika tegangan tidak stabil maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen. UPS berfungsi menyimpan tegangan apabila pada saat digunakan, listrik tiba-tiba mati. Sehingga kita masih memiliki waktu yang cukup untuk mematikan computer dengan prosedur yang benar.
C. Prosesor 
Sebagai piranti pemroses utama, prosesor memerlukan perawatan rutin agar kinerja prosesor dapat stabil. Perawatan tersebut antara lain:
1. Gunakan heatsink dan kipas yang bagus
2. Sering membersihkan heatsink dan kipas prosesor, bersihkan dengan menggunakan kuas
3. Rapikan kabel yang ada didalam casing
4. Menambahkan pasta pendingin (termal pasta) setelah membersihkan prosesor
5. Dan jika pada prosesor masih terdapat pasta pendingin jangan anda bersihkan pasta tersebut.
D. Hardisk
Perawatan hardisk dapat dilakukan dalam dua katagori , yaitu perawatan secara fisik hardware dan perawatan secara software.
1. Perawatan secara fisik hardware
a. Bersihkan hardisk dari debu dan kotoran yang menempel dengan menggunakan kuas, bias juga dengan menggunakan tisu atau kain kering
b. Hindarkan hardisk dari gocangan, juga dari benturan benda keras
c. Gunakan pembungkus yang aman untuk membawa hardisk jika anda akan membawa-bawa hardisk tsb
d. Tambahkan fan untuk mengurangi panas pada hardisk, terutama hardisk yang memiliki kecepatan putar 7200rpm.
2. Perawatan secara software
Perawatan secara software menggunakan software bawaan dari OS atau juga bias menginstal software tersebut sendiri.
a. Disk clean up
Disk clean up adalah tool yang digunakan untuk menghapus file-file temporary, compressed file dan file system yang sudah tidak digunakan. Tool ini akan otomatis menghilangkannya dari drive yang kita clean sehingga freespace pada hardisk akan meningkat.
Cara melakukan disk clean up adalah : klik kanan drive yang akan di clean è properties è lalu klik disk clean up è centang semua option è OK.
b. Scandisk
Scandisk adalah tool yang digunakan untuk memeriksa struktur file system, table alokasi file (file allocation table), dan untk mengetahui ada atau tidaknya bad sector. Scandisk akan berjalan dengan otomatis setiap start jika computer tidak dimatikan dengan benar.
c. Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus computer dari system computer. Disebut juga virus Proptection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah system computer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap sebuah berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
d. Tune up utility
Tune up utility merupakan salah satu software tambahan yang dapat digunakan dalam perawatan PC. Dalam software ini, selain menu untuk melakukan disk defragmenter juga terdapat menu untuk mendeteksi eror pada registry sekaligus perbaikannya.
e. Defragmenter
Disk defragmenter adalah tool yang digunakan untuk mengatur struktur atau tata letak file sehingga dapat mengurangi fragmentasi sebuah space hardisk. Disk defragmenter sebaiknya dilakukan secara berkala. Menu disk defragmenter, dan scan disk telah terdapat pada Windows. Star è All Program è Accesoris è System Tool è Disk Defragmenter.
f. Format hardisk
Pemformatan terhadap hardisk diperlukan untuk memperbaiki dan membersihkan ruang pada hardisk. Pemfprmatan dilakukan menggunakan software yang disesuaikan dengan merk hardisk tersebut. Misalkan untuk hardisk Maxtor dengan menggunakan Max Lif ( Maxtor Low Level format)
E. CD ROM
Cd rom merupakan optical drive yang berfungsi sebagai alat input juga sebagai alat penyimpan data kedalam compack disk. Kerusakan yang sering terjadi adalah pada sensor optical atau juga monitor penggeraknya. Kerusakan tersebut bias juga dikarenakan optical drive digunakan untuk membaca kepingan cd yang rusak.
Perawatan yang dapat dilakukan terhadap cd rom / dvd rom yaitu ::::::
1. Bersihkan cd atau dvd rom minimal satu bulan sekali dengan menggunakan CD cleaner (jika punya) kalo gapunya beli hehehehehe…
2. Jangan memasukan kepingan cd/dvd yang sudah tergores kedalam cd/dvd rom
3. Jangan terlalu sering menggunakan kepingan cd atau dvd yang BAJAKAN yeh tongue emotikon
4. Biasakan membungkus kepingan cd / dvd dengan plastic agar terhindar dari debu atau kotoran yang dapat menggores cd atau dvd tsb.
F. RAM
RAM merupakan memori modul yang berfungsi untuk menyimpan data sementara. Perawatan yang harus dilakukan kepada RAM :
1) Hindari tindakan overclocking jika computer tidak mendukung untuk dilakukan overclock.
2) Menjaga suhu computer agar tetap stabil dengan memasang kipas lebih banyak dan bagus didalam casing computer.
3) Bersihkan pin/kaki ram menggunakan kuas lembut atau menggunakan penghapus karet / pensil.
4) Hindari menyentu pin secara langsung pada ram kerena terlalu sering memegang ram dapat menyebabkan karat.
5) Gunakan ram dari vendor yang sudah terbukti bagus kualitasnya.
6) Gunakan ram dengan kapasitas dan PC yang sesuai dengan aplikasi yang akan digunakan untuk bekerja agar computer tidak sering hang.
G. VGA
VGA merupakan kartu pemroses grafik. Perawatannya hampir sama dengan melakukank perawatan terhadap ram yaitu dengan membersihkan VGA card dengan menggunakan kuas halus. Selain itu pin dibersihkan menggunakan karet penghapus / penghapus pensil. Hindari menyentuh langsung pada pin VGA card penyebabnya sama seperti kalian menyentuh pin pada ram yaitu akan cepat kara.
H. Motherboard
Motherboard sebagai tempat meletakan komponen-komponen hardware. Perawatan pada motherboard yaitu dengan menjaga suhu pada motherboard yaitu dengan memperlancar sirkulasi udara pada system. Karena motherboard tepat tersambungnya sebagai koektor kabel, maka kabel-kabel tersebu perlu dirapikan dengan mengikat dengan wire T. Selain itu juga kita harus membersihkan motherboard dari debu atau kotoran yang menempel dengan menggunakan kuas halus.
I. Floppy disk
Floppy disk merupakan peralatan input membaca dari disket. Perawatan yang dilakukan terhadap floppy disk antara lain :
1. Bersihkan floppy disk secara berkala dengan menggunakan disk clean, tetapi jangan terlalu sering karena akan menyebabkan head floppy disk cepat tipis.
2. Jangan pernah membukan disket pada saat indicator LED pada floppy disk masih nyala.
Mungkin sekarang ini jarang yang menggunakan floppy disk akan tetapi saya hanya member tahu barangkali gitu diantara kalian masih ada yang masih menggunakan floppy disk ini…
Mungkin hanya segitu saja cara - cara perawatan PC anda agar PC anda panjang umur dan sehat selalu dan mungkin dengan dilakukannya perawatan PC secara sendiri anda tidak perlu mengeluarkan unang untuk membetulkan PC anda ke tukang2
Semoga posting ini bermanfaat untuk anda semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar